Senin, 16 Juli 2012

9 Keunikan Seputar Dunia Hewan

1. Kebun Binatang Tertua

 Kebun binatang tertua
tahukah anda kalau kebun binatang itu telah ada sejak 2000 tahun sm? Menurut ahli sejarah, kebun binatang pertama kali didirikan oleh shulgi dari dinasti ur iii yang memerintah puzurishpada 2097-2094 sm di irak bagian tenggara. Sedangkan kebun binatang tertua yang dibuka untuk pertama kali untuk umum adalah regent’s park di london, inggris yang didirikan pada tahun 1826.

2. Kuda Termahal


kuda yang berlari kencang dan sering tampil sebagai juara pada arena pacuan kuda membuat harga jual kuda itu dan turunannya selangit. Pada 23 juli 1985, robert sangster, pria asal Keenelanf, Amerika Serikat, membeli seekor anak kuda yang merupakan keturunan murni salah satu kuda juara dengan harga us$ 13,1 juta atau setara dengan rp 127 miliar. Wow, mahal sekali bukan???

3. Hewan Paling Malas


kalau ingin sukses jangan lah menjadi mals seperti hewan ini! Armadillos, hewan yang hamper 80% dari hidupnya dihabiskan untuk tidur dan tidur. Artinya, bila umur hewan ini adalah 10 tahun, maka ia telah tidur selama 8 tahun.

4. Jerapah Paling Tinggi


pada 8 januari 1959, chester zoo, kebun binatang di inggris mendatangkan seekor jerapah berusia9 tahun dari kenya. Sayangnya, ternyata kandang yang disediakan oleh pengelola kebun binatang itu ternyata tidak cukup untuk menmpung hewan berleher panjang itu, sebab tingginya mencapai 12 meter atau setara dengan gedung 3 lantai!

5. Mamalia Termungil


mamalia adalah sebutan untuk hewan termungil. Gelar mamalia termungil disandang oleh kelelawar bumblebee. Panjang rentangan sayap hanya 16cm atau selebar buku. Bobotnya pun hanya 1,7 gram. Kelelawar mungil itu banyak ditemukan di sungai kwae noi river, kanchanaburi, thailand.

6. Hewan Paling Berbahaya


semua orang pasti mengira kalau hewan yang paling berbahaya itu adalah harimau atau hiu ataupun binatang buas lainnya. Ternyata gelar hewan paling berbahaya saat ini disandang oleh nyamuk anopheles dan aides aigepty, nyamuk pembawa parasit penyebab malaria dan dbd. Menurut para ahli, nyamuk itu telah menyebabkan kematian 50% manusia sejak zaman batu. Hingga saat ini, setidaknya telah lebih dari 200 juta orang meninggal akibat malaria dan dbd setiap tahun. Mengerikan!!

7. Kaki seribu Terpanjang


si kaki seribu hitam asal afrika milik jim klinger, texas, amerika serikat luar biasa, panjangnya mencapai 39 cm atau sepanjang buku, yang mungkin biasanya hanya 15-20 cm.

8. Kera Tercantik


kera mandriil memang berpenampilan istimewa. Hidung kera asal afrika barat itu berwarna merah. Pipinya bergurat biru dan bulu di bagian bawah dagu berwarna kunging. Kera itu berukuran raksasa. Tinggi mandriil dewasa 61-76 cm dan bobotya 25-54 kg. Meskipun kera itu cantik, tapi jangan sekali2 untuk mencoba bercanda dengannya.

9. Capung Raksasa


pada zaman purba, capung-capung itu berukuran raksasa. Panjang dari ujung syap yang satu ke ujung sayap yang lain mencapai 70 cmatau selebar meja telepon. Fosil capung raksasa yang hidup 300juta tahun yang lalu itu ditemukan di commentry, perancis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar